Cara Mempercepat Koneksi WiFi Agar Lebih Stabil

Reading Time: 4 minutes

Cara mempercepat koneksi WiFi – Saat bermain game, kerja, daring tiba-tiba koneksi internet WiFi kamu down pasti nyebelin banget kan. Koneksi WiFi yang seperti ini harus segera ditangani dengan baik dan benar untuk mendapatkan kualitas internet yang lebih stabil.

Cara Mempercepat Koneksi WiFI Agar Lebih Stabil

Gak perlu panik karena di sini teknodeso akan memberikan cara yang bisa berguna untuk mempercepat koneksi internet WiFi di android tanpa aplikasi.

Handphone Xiaomi, smartfren, samsung dan lainnya bukanlah faktor yang bikin koneksi internet kamu jadi lemot. Biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor eksternal pada router atau jaringan WiFi itu sendiri. Khususnya pengguna Indihome pasti sering banget ngerasain koneksi WiFi dirumah lemot banget, kali ini kita akan bahas cara mempercepat koneksi WiFi agar lebih baik dan stabil.

10 Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Untuk antisipasi dini mengurangi hal yang tidak di inginkan, cobalah langkah sederhana di bawah ini untuk mempercepat koneksi WiFi dirumah.

Beli router baru

Mungkin kamu sering merasa internet dirumah tidak stabil, suka terputus dan bahkan error. Semua cara dibawah sudah dilakukan tapi tidak membantu, cobalah beli router baru dengan spesifikasi yang lebih baik.

Cek posisi router

Perhatikan posisi router, hal ini sangat sederhana tapi bisa membantu koneksi WiFi menjadi lebih stabil. Sinyal yang keluar dari router biasanya akan dibagi kesemua arah, untuk mendapat sinyal yang lebih baik pastikan router ada di tengah bagian rumahmu.

Jangan letakan router di dekat jendela, sinyal WiFi akan terbuang keluar, hal seperti ini akan membuat WiFi dirumah rentan di bobol oleh tetangga.

Pasang WiFi di tempat strategis

Untuk mempercepat koneksi WiFi ada baiknya memperhatikan tempat yang strategis meletakan modem WiFi, jika kamu ingin menggunakan di seluruh penjuru rumah cobalah tempatkan di tengah. Namun jika kamu merupakan kaum rebahan, letakanlah router di dekat kamar, ruang tv, ruang keluarga agar sinyalnya lebih stabil.

Letakan di tempat tinggi

Memasang router di tempat yang lebih tinggi juga cukup penting untuk diperhatikan. Router dirancang mengirim sinyal ke arah bawah oleh karena itu menyimpan router di meja, lemari perlu kamu coba.

Hindari Beton dan Logam

Penempatan router memang sangat penting untuk diperhatikan, tahukah kamu sinyal WiFi sangat sulit untuk menembus semen, beton dan logam? Jika kamu tidak ingin berbagi sinyal ke orang tetangga, ada baiknya menempatkan router di ruangan yang lebih tertutup.

Hindari bahan yang menyerap sinyal

Tempat tertutup akan menghalangi sinyal yang di pancarkan router, ada beberapa benda yang bisa menyerap sinyal dan mengurangi kinerja sinyal tersebut. Untuk mempercepat sinyal WiFi jangan menempatkan router di dalam lemari, antara dinding. Pastikan router bisa terlihat dengan jelas dari tempat kamu rebahan.

Atur posisi antena

Mengatur antena juga cukup penting dilakukan, pastikan antena ada di posisi horizontal agar sinyal yang diberikan horizontal. Posisi antena seperti ini bisa menjangkau semua bagian rumah.

Hindari Elektronik Lain

Jika router kamu berdekatan dengan elektronik lain, segeralah memindahkannya. Perangkat elektronik yang menghasilkan elektromagnetik bisa melemahkan sinyal WiFi biasanya ada di TV atau Telepon, microwave.

Pindahkanlah router ke tempat yang berjauhan dari benda-benda elektronik untuk mendapatkan koneksi WiFi yang lebih stabil.

Cek kekuatan sinyal

Setelah WiFi dirumah terpasang dan kamu ingin mendapatkan tempat terbaik untuk menyimpan router. Cobalah aplikasi cek sinyal seperti Cloudcheck, aplikasi ini bisa membantu kamu menemukan tempat terbaik untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat.

Atur piranti lunak router

Untuk mempercepat koneksi WiFi cara selanjutnya bisa login ke pengaturn pada piranti router. Biasanya kamu bisa masuk menggunakan IP tertentu kedalam piranti lunak WiFi.

Sebagai contoh jika kamu menggunakan Indihome bisa login di alamat IP http://192.168.1.1, setelah login ke dalam kamu bisa melakukan beberapa pengaturan untuk mempercepat koneksi WiFi.

Speed Test

Setelah itu cobalah lakukan Speed test untuk memastikan koneksi WiFi kamu sudah benar-benar stabil. Selain itu kamu juga bisa membandingkan koneksi WiFi dengan jaringan selular, jika masih ada problem berarti masalah utamanya ada pada provider yang digunakan.

Bagaimana Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara dibawah ini bisa bantu kamu mempercepat koneksi WiFi dengan mudah dan cepat.

Batasi Pengguna

Untuk membatasi pengguna kamu bisa login ke dalam piranti lunak lewat IP addres, batasilah user yang bisa menggunakan WiFi didalam rumahmu. Cegah tetangga atau orang yang tidak dikenal mendapatkan akses ke WiFi milik kamu.

Upgrade Paket Internet

Jika masih benar-benar tidak mendapat hasil yang di inginkan, cobalah untuk upgrade paket internet yang kamu gunakan, mungkin paket mu masih kurang pas untuk aktivitas yang sedang kamu lakukan sekarang ini.

Oleh karena itu cobalah untuk upgare ke tingkat yang lebih tinggi lagi untuk mempercepat koneksi WiFi dan mendapat internet yang lebih baik lagi.

Cara Memperbaiki Koneksi WiFi

Punya masalah pada koneksi WiFi? Berikut ini tips dan cara memperbaiki koneksi WiFi dirumah.

Periksa Router

Sebelum melakukan panggilan ke CS ada baiknya untuk cek router WiFi dirumah, apabila lampu indikator berwarna merah biasanya ada masalah pada router atau kabel fibermu.

Cek Kabel

Masih tidak yakin karena router berwarna merah? coba cek kabel dari lokasi pemasangan ke rumah atau sebaliknya. Mungkin ada batang pohon jatuh kena kabel fiber, biasanya hal ini sangat sering terjadi.

Telfon ke CS Provider

Jika sudah fix harus dilakukan service cobalah telfon kelayanan CS provider masing-masing, mintalah bantuan untuk mendatangkan teknisi agar koneksi WiFi dirumah stabil lagi.

Akhir Kata

Itu dia cara mempercepat, memperbaiki koneksi WiFi dirumah, penempatan yang baik perlu diperhatikan untuk mendapat sinyal yang baik. Jangan lupa untuk membeli paket internet yang lebih tinggi untuk dapat kecepatan yang lebih sesuai dari aktivitas sehari-hari kamu ya.

Tinggalkan komentar