Cara Merawat Baterai HP Agar Lebih Awet

Reading Time: 6 minutes

Cara Merawat Baterai HP Agar Lebih Awet, Handphone sekarang ini memiliki spesifikasi yang tinggi mulai dari layar, prosesor, RAM besar untuk bermacam kegiatan sehari-hari. Tak heran terkadang baterai hp mudah rusak bahkan kembung, dari segi pemakaian hal ini menjadi faktor utama yang bisa merusaknya.

Akibat dari penggunaan yang berlebihan ini terkadang kita lupa akan kondisi handphone yang digunakan, walaupun sudah panas tapi masih maksain untuk nonton film, main game atau ngerjain tugas.

Dampak dari menggunakannya secara berlebihan ini lah yang membuat umur baterai jadi pendek alias cepet rusak, tenang saja kali ini kita akan membahas cara merawat baterai hp agar awet bertahun-tahun dan tidak boros.

Jika pengen baterai handphonenya awet, sebaiknya perhatikan cara memakai perangkat tersebut mulai dari harian. Pemakaian sehari-harilah yang menentukan umur baterai tersebut.

Biar gak kebobolan teknodeso akan kasih tips 12 cara merawat baterai HP yang aman dan bisa tahan seharian!

Tips & Cara Merawat Baterai HP Agar Lebih Awet

Baterai menjadi faktor penting bagi sebuah smartphone, kualitas yang bagus dan daya tahan yang cukup lama menjadi point penting dalam industri teknologi. Oleh karena itu banyak produsen berlomba-lomba untuk membuat baterai berkualitas dengan kapasitas jumbo di dalamnya.

Walaupun kapasitas baterai sudah besar, terkadang kita masih merasa kurang dan tidak puas akan kapasitas tersebut. Biasanya ini terjadi karena kamu salah merawat baterai HP, perbaiki kesalahan ini agar baterai handphone kamu jadi lebih awet.

Gak perlu kuatir kali ini kita akan belajar bagaimana cara merawat baterai HP Non-removable (tanam) dan removable agar lebih awet dengan baik dan benar.

1. Hindari Pemakaian Seperti ini Agar Baterai HP Bisa Lebih Awet

Pemakaian yang jorok biasanya menentukan umur perangkat yang digunakan, semakin jorok cara menggunakan, menyimpan dan tidak pernah merawatnya akan semakin merusakan handphone tersebut.

Oleh karena itu rubahlah kebiasaan buruk tersebut dan cobalah rawat handphone yang kalian miliki sebaik mungkin. Berikut beberapa hal yang perlu kamu hindari jika ingin baterai handphone lebih awet.

Baca juga :  Cara Mempercepat Koneksi WiFi Agar Lebih Stabil

Hindari Mode Getar

Mode getar memungkinkan penggunanya untuk selalu mendapatkan notifikasi di waktu tertentu. Mode ini biasanya di aktifkan di waktu tertentu misalnya kamu sedang rapat, ketemu client atau sedang ada kelas tapi tidak mau silent dengan alasan agar tau ada yang menghubungimu di waktu tersebut.

Cara Merawat Baterai HP Agar Lebih Awet

Ternyata hal ini sangat berbahaya untuk Handphone yang kamu miliki lho, karena mengaktifkan mode Vibrator membutuhkan daya yang cukup besar ketika kamu menerima banyak notifikasi selama periode tersebut.

Untuk menghemat baterai handphone sebaiknya ganti mode getar dengan mode silent, hal ini bisa membuat baterai kamu jauh lebih hemat dan notifikasi akan tetap masuk tanpa menguras baterai.

Selain itu menggunakan mode getar biasanya akan menyebabkan tingkat suhu pada handphone meningkat ketika tidak digunakan tapi banyak sekali notifikasi masuk ke dalam handphone tersebut.

Hindari Overheat

Overheat adalah panas yang berlebihan, sebaiknya hindari handphone dalam keadaan seperti ini. Handphone yang mengalami overheat akan sangat berbahaya bagi pengguna dan HP tersebut.

Kondisi panas yang berlebihan bisa memicu terbakarnya komponen di dalam handphone, karena hal ini bisa menyebabkan performa yang di miliki perangkat tersebut turun dan akhirnya bisa rusak.

Cara Merawat Baterai HP Agar Lebih Awet

Biasanya kejadian ini sering sekali ketika seseorang bermain game terlalu lama, memainkan game dengan grafis HD dan tidak sesuai dengan spesifikasi minium dari game tersebut.

Agar tidak terjadi overheat sebaiknya hentikan aktivitas tersebut dan cobalah mainkan game yang lebih ringan dan seperlunya saja.

Hindari Permukaan Panas

Hampir sama seperti overheat, permukaan panas bisa sangat berbahaya bagi handphone lho. Karena panas sinar matahari langsung akan membuat permukaan HP menjadi sangat panas, bahkan bisa merusaknya.

Cara Merawat Baterai HP Agar Lebih Awet

Contoh kecil saya pernah meninggalkan handphone di dashboard mobil, selang beberapa jam kemudian handphone tersebut menjadi sangat panas dan mengalami beberapa kerusakan.

Panas sinar matahari bisa membuat baterai handphone menjadi cepat kembung dan berbahaya juga untuk layar HP. Oleh karena itu cobalah simpan handphonemu ditempat yang lebih sejuk agar tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Cara Merawat Baterai Handphone Dengan Baik dan Benar

Agar handphone yang kalian miliki tetap terjaga dan tahan bertahun-tahun, faktor merawat handphone menjadi point penting yang perlu di perhatikan. Semakin bijak kita menggunakannya maka akan semakin baik performa yang di miliki HP tersebut, pasti gak mau dong HPnya cepat rusak? Kalo begitu baca tips dan cara merwat handphone di bawah ini sampai habis ya.

Baca juga :  Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot Paling Efektif, Dijamin Normal Lagi !

Aktifkan Battery Saver

Handphone kekiniaan kebanyakan sudah menggunakan baterai tanam yang tidak bisa di copot sembarangan. Jika ada kerusakan pasti akan sulit untuk menggantinya, mau tidak mau harus pergi ke tukang service.

Agar tidak mengalami kerusakaan ada baiknya merawat handphone dengan baik dan benar. Cobalah gunakan battery saver ketika lowbat untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan.

Dengan mengaktifkan battery saver, aplikasi ini memungkinkan handphone kamu menurunkan performa CPU yang digunakannya. Jika CPU yang di gunakan tidak dikurangi saat baterai lowbat maka handphone akan berjalan dengan full performancenya dan hal ini sangat tidak disarankan karena bisa memicu turunnya performance.

Akhirnya handphone yang kamu gunakan akan terasa berat dan lemot, lama-kelamaan mau tidak mau harus ganti yang baru.

Jangan Gunakan Aplikasi Banyak Iklan

Sekarang ini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menggunakan iklan dengan tujuan mendapatkan penghasilan bagi pemilikinya. Ternyata aplikasi banyak iklan ini malah berbahaya bagi penggunanya dan bisa menyebabkan kerusakan lho.

Tak heran Google banyak menghapus aplikasi-aplikasi tidak jelas di playstore, hal ini biasanya di dukung karena laporan para penggunanya tentang banyaknya iklan yang ada di dalamnya dan tidak sesuai.

Aplikasi banyak iklan bisa menurunkan performa handphone yang kalian miliki lho, perangkat tersebut akan terus mengambil data iklasn dan menyimpannya ke cache lama-kelamaan aplikasi tersebut akan semakin berat dan bisa menurunkan performa perangkatmu.

Google Maps atau Fitur Lokasi

Tanpa disadari lokasi yang diaktifkan pada handphone ternyata bisa bikin baterai HP menjadi cepat boros dan lowbat. Akses lokasi memungkinkan handphone kita akan terus-menerus mengirimkan informasi lokasi dari perangkat tersebut.

Dengan mengaktifkan fitur lokasi sama dengan halnya menyalakan aplikasi tanpa pernah menutupnya. Oleh karena itu jika tidak diperlukan sebaiknya menonaktifkan fitur lokasi yang ada di perangkatmu.

Selain itu fitur lokasi juga akan terus menyedot paket data yang ada di handphone kalian lho, walaupun tidak terlalu banyak tapi kalo kelamaan akan berasa juga.

Sebaiknya aktifkan fitur google map atau lokasi dikala penting saja, misalnya kamu ingin pesan makanan dengan layanan gojek, grab dan ingin mencari lokasi dengan aplikasi tersebut.

Update Aplikasi Saat Terhubung WiFi

Saat ada aplikasi yang harus di update biasanya tanpa di sadari beberapa aplikasi akan melakukan auto update.

Oleh karena itu cobalah matikan fitur auto update apps untuk mencegahnya, updatelah aplikasi ketika terhubung kejaringan WiFi.

Baca juga :  7 Merk HP Buatan Indonesia Terbaik dan Mendunia !

Semakin cepat koneksi yang kamu dapatkan maka akan semakin bagus untuk baterai hp yang sekarang kamu miliki.

Atur Kontras Layar

Ketebalan cahaya yang ada di handphone biasanya bikin baterai menjadi lebih boros. Oleh karena aturlah kontras layar handphone menjadi lebih rendah untuk menghemat baterai.

Atur kontras di handphone secara manual dan jangan gunakan auto-brightness agar baterai handphone kalian bisa lebih awet.

Gunakan Air Plane Mode

Sedang pulang kampung ke plosok daerah biasanya akan terhambat akan sinyal yang masuk ke hp kalian. Jarak tower BTS semakin jauh dari lokasi hp, sehingga perangkat kalian akan bekerja keras untuk mendapatkan sinyal.

Untuk kalian yang sedang dalam kondisi seperti ini sebaiknya ganti kartu atau rehat sejenak tidak mengunakan handphone untuk internetan.

Aktifkan airplane mode agar provider yang kalian gunakan tidak berjuang mencari sinyal di handphone kalian.

Nonaktifkan Notifikasi

Notifikasi menjadi faktor yang biasanya tanpa disadari bisa memicu borosnya baterai hp. Walaupun kalian sedang kerja atau sekolah tapi banyaknya notifiksai dari grup whatsapp masuk ke hp kalian, maka hal ini bisa mengurasi baterai tanpa disadari.

Sebaiknya jika memang tidak diperlukan, kalian bisa menonaktifkan hp jika sedang tidak menggunakannya.

Jangan Gunakan Live Wallpaper dengan Animasi

Wallpaper akan membuat tampilan layar handphone milikmu semakin bagus dan berwarna, tapi tahu kah kamu kalo wallpaper seperti itu akan membuat baterai cepat habis? Banyaknya warna dan gerak pada wallpaper sama halnya handphone tersebut memutar video tanpa henti di HP tersebut.

Sebaiknya gunakan wallpaper biasa saja, jika tidak ingin baterai handphone cepat boros.

Akhir Kata

Nah itu dia cara merawat baterai hp dengan baik dan benar, dari beberapa point diatas mungkin ada yang pernah kamu lakukan?

Menurut aku sendiri sih beberapa point di atas akan sangat terasa jika kita tidak merawat handphone dengan baik, performa akan semakin menurun dan akhirnya harus ganti handphone.

Sebaiknya gunakan handphone sebijaknya saja, jangan terlalu memaksakan untuk memainkannya selama 24 jam penuh untuk menjaga performa handphone tersebut ya gengs.

Jika kamu bijak dan merawat handphonemu dengan baik, tentu umur perangkat tersebut akan jauh lebih lama dan gak harus ganti handphone baru.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: