5 Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

Reading Time: 4 minutes

Cara mempercepat windows 10 – Mungkin dirumah laptop atau PC kalian menggunakan windows 10 dan punya problem lemot alias performanya lelet? kali ini kita akan mengatasi masalah tersebut agar lebih baik.

Sedang asyik kerja, ngerjain tugas atau editing tiba-tiba PC atau laptop kamu ngeheng dan lemot banget. Hal ini bisa saja terjadi perlahan performa pc atau laptop yang kamu gunakan akan berkurang karena berbagai faktor tertentu.

Pasti rasanya nyebelin banget ketika gadgetmu menjadi lemot, apa lagi ada deadline yang harus kamu serahkan hari ini juga.

Tentunya kamu akan berpikir atau mencari cara untuk mempercepat laptop atau pc windows 10 agar lebih ngebut seperti baru lagi.

Ketika kamu mengalami hal ini sebaiknya tidak perlu panik dan lakukan googling agar menemukan cara mempercepat laptop windows 10 agar kembali normal lagi.

Berikit ini teknodeso akan kasih cara singkatnya untuk memperbaiki windows 10 mu yang sudah mulai terasa berat.

Cara Mempercepat Windows 10

Biasanya komputer atau laptop yang menggunakan windows 10 sudah memiliki minimum spesifikasi yang cukup baik, tentu hal ini menjadi faktor windows 10 dapat berjalan dengan sempurna di perangkat tersebut. Beberapa faktor bisa mempengaruhi performa windows 10 menurun biasanya dari kebiasaan pemakaian atau terkena virus. Baca sampai habis 5 cara dan tips untuk mempercepat windows 10 agar laptop atau pc dirumah kembali normal lagi.

Durasi Boot Menu Timeout

Cara Mempercepat Windows 10

Proses booting biasanya terjadi ketika pc atau laptop di hidupkan pertama kali. Mungkin akan sangat membosankan jika menunggu terlalu lama dan kamu bisa mempercepatnya.

Baca juga :  Monitor 360Hz Pertama Alienware dan Asus Mengklaim Merilis

Boot Menut Timeout (BMT) ini adalah proses dimana komputer melakukan booting hingga selesai.

Jika laptop atau pc kamu sudah terasa lemot mungkin perlu mempercepat proses booting ini dengan mengatur ulang durasinya di system configuration.

Settingan bawaan dari BMT pada umumnya adalah 30 detik. Untuk mempercepat proses booting bisa mempercepatnya agar lebih ngebut.

Berikut ini cara untuk mempercepat proses booting di windows 10:

  1. Klik gambar windows dan lakukan pencarian
  2. Ketikan System configuration
  3. Masuk kemenu Boot
  4. Ubah durasinya menjadi 3 detik. (Jika di ganti 0 biasanya akan keluar minimum kamu bisa menggantinya)
  5. Setelah itu klik apply

Cara ini bisa mempercepat booting windows 10, setelah melakukan tahap diatas kamu perlu merestart pc atau laptopmu.

Rasakan perbandingan setelah dirubah waktu BMTnya dan sebelum dirubah, tentu akan lebih cepat setelah di ubah.

Cara Tutup Task Manager yang Tidak Digunakan Bisa mempercepat windows 10

5 Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

Task manager adalah program yang berjalan setelah komputer atau laptop dihidupkan. Biasanya task manager bisa mempengaruhi beberapa proses pada komputer dan bahkan bisa menyebabkan lemot.

Untuk mempercepat proses terkadang kamu perlu menonaktifkan beberapa start up yang menurutmu tidak digunakan lagi. Biasanya startup akan membebani ruang penyimpanan pada cache, semakin banyak yang berjalan akan semakin lemot.

Hal ini biasanya terasa jika minimum spesifikasi komputer atau laptop kamu tidak sesuai dengan syarat windows 10 atau bahkan pas banget.

Tenang saja gak perlu kuatir walaupun pas-pasan spesifikasi komputer atau laptopnya, kali ini aku akan kasih cara untuk mempercepat proses windows 10 untukmu.

Ikuti cara dibawah ini untuk menonaktifkan program start up yang sedang berjalan untuk meningkatkan performa komputermu.

Baca juga :  15 Cara Mengatasi Laptop Lemot Bikin Laptop Ngebut Lagi (Windows 7, 8, 10)

Berikut cara menonaktifkan start up di task manager untuk mempercepat kinerja windows 10!

  1. Buka pencarian dan search Task Manager
  2. Jika tampilanya belum full bisa klik rincian lainnya
  3. Setelah itu pilih menu start up (inggris) pengaktifan (Indonesia)
  4. Pilih start up yang ingin di nonaktifkan
  5. Klik startupnya dan klik tombol nonaktifkan

Membersihkan Data Cache Dengan Aplikasi

Sebelum membersihkan komputer sebaiknya ketahui dulu apa itu cache. Terkadang memory ini bisa membebani komputer atau laptop, semakin sering digunakan maka data cachemu akan tersimpan semakin banyak.

Oleh karena itu diperlukan aplikasi tambahan seperti Ccleaner untuk membersihkan memory-memory yang di anggap sampah atau tidak berguna untuk menjaga performa dari laptop atau pc.

Dengan aplikasi ini kamu bisa secara otomatis membersihkan data cache jadi tidak perlu membersihkannya secara manual lagi.

Setelah berkas-berkas yang dianggap sampah terhapus maka komputer atau laptopmu akan jauh lebih bersih dan terhindar dari lemot dan bisa ngebut seperti semula lagi.

Non- Aktifkan Animasi

Jadi teringat pada waktu smp dulu, baru punya laptop jadi ingin menambahkan hal-hal unik untuk mempercantik tampilan dekstop misalnya menambahkan animasi kursor dan lainnya.

Ternyata animasi bisa mengurangi kinerja laptop kamu lho gengs. Akan banyak data yang kamu keluarkan untuk menggunakan animasi tersebut.

Solusi terbaik kamu perlu menonaktifkan animasi-animasi tersebut, agar performa komputer kamu tetap terjaga saat menggunakan windows 10.

Buat kamu yang masih suka pakai animasi, berikut cara menonaktifkan animasi agar komputer kamu bisa lebih cepat!

  1. Masuk ke control panel lalu system
  2. Klik Advanced system settings dan klik tab advanced
  3. Pada bagian performance kemudian klik settings
  4. Setelah itu centang adjust for best performance pada tab visual effect
  5. Ok dan selesai
Baca juga :  Cara Mempercepat Koneksi WiFi Agar Lebih Stabil

Menonaktifkan Efek Transparasi Warna

5 Cara Mempercepat Windows 10 Agar Tidak Lemot

Efek transparansi merupakan bawaan windows dan sebenarnya memakan banyak space pada RAM. Dampaknya akan terasa jika laptop atau PC kamu memiliki spesifikasi yang sangat minim.

Mungkin dengan menonaktifkan efek transparansi ini bisa mempercepat kinerja windows 10 di laptop atau pc mu.

Berikut cara menonaktifkan efek transparasnsi di windows10

  1. Klik tombol windows dan lakukan pencarian Personalization
  2. Setelah keluar klik menu color
  3. Ubah transparrency effectc menjadi OFF

Efek transparansi ini sebenarnya jarang banget di ketahui, buat kalian yang punya komputer pas-pasan cara ini akan sangat efektif untuk meningkatkan kinerja perangkat tersebut.

Akhir Kata
Semoga cara mempercepat kinerja windows 10 di laptop atau pc ini bisa sangat bermanfaat. Cara ini sebenarnya gampang banget dilakukan semoga laptop atau pc yang kamu miliki kinerjanya ngebut lagi.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: