Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis dan Menggunakannya

Cara membuat akun whatsapp bisnis dan menggunakannya – Aplikasi media sosial bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan salah satunya bisnis. Kini di aplikasi whatsapp kamu bisa membuat akun bisnis untuk melayani calon konsumenmu lho.

Selain bisa berkomunikasi dengan konsumen kalian juga bisa memberikan detail produk, membuat katalog di dalam aplikasi whatsapp bisnis dengan mudah. Menggunakan whatsapp bisnis sangatlah penting, kalian bisa memisahkan akun personal dengan bisnis, dengan cara ini kehidupanmu akan jauh lebih tenang.

Pengertian Whatsapp Business (Whatsapp Bisnis)

Sebelum masuk kepembahasan, mari kenali dulu apa itu wa bisnis? Seperti namanya wa bisnis adalah aplikasi whatsapp yang biasanya digunakan oleh pelaku usaha untuk berinteraksi dengan calon konsumen secara efesien dan lebih mudah. Whatsapp dan Whatsapp Bisnis merupakan keluaran dari Whatsapp Inc, jadi kalian gak perlu ragu menggunakannya.

Banyak sekali keunggulan dari whatsapp bisnis, kalian bisa membuat greeting meesege, mengatur jam buka toko, mengatur balasan cepat otomatis, membuat katalog produk, memberi label ke konsumen.

Aplikasi whatsapp bisnis bisa kamu dapatkan secara gratis, buat akun wa bisnis sekarang! buat nama toko, deksripsi toko, tentukan kategori, masukan alamat, tentukan jam kerja, email dan alamat website toko mu dengan mudah dan kompleks.

Dengan cara ini akan menambah nilai trusted dari konsumen yang ingin melakukan transaksi di tokomu. Selain itu kamu juga bisa melakukan broadcast pada konsumenmu untuk memberikan informasi seputar produk yang di jual, cara buat broadcast di whatsapp business juga sangat mudah dan gratis.

Baca juga :  Monitor 360Hz Pertama Alienware dan Asus Mengklaim Merilis

Cara Daftar WhastApp Business (WA Bisnis/Whatsapp Bisnis)

Cara membuat akun whatsapp bisnis di android, iPhone tidaklah sulit. Kalian perlu menyiapkan nomor handphone yang masih aktif, pastikan nomor whatsapp dan whatsapp bisnis berbeda. Kalian bisa menggunakan keduanya dalam satu handphone yang sama tapi perlu nomor yang berbeda.

Lalu bagaimana sih cara membuat akun whatsapp bisnis? Langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah.

  • Pasang terlebih dahulu Whatsapp Business.
  • Setelah dipasang buka aplikasi wa bisnis .
  • Tap setuju dan lanjutkan/agree lalu pilih continue.
  • Masukan nomor telepon yang ingin difatarkan.
  • Selanjutnya itu tap lanjut
  • Setelah memasukan nomor, tunggu beberapa saat whatsapp akan mengirimkan kode verivikasi ke nomor yang di daftarkan.
  • Masukan kode verivikasi
  • Sinkronkan akun whatsapp bisnis dengan kontak di handphone kalian dengan cara klik lanjut.
  • Selamat akun whatsapp bisnis kamu sudah jadi, sekarang waktunya memasukan nama, deskripsi, kategori, alamat bisnis kalian.

Setelah anda membuat akun whatsapp bisnis mari kita pelajari cara menggunakannya dibawah ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Bisnis

Whatsapp bisnis bisa digunakan untuk berjualan, untuk pelaku usaha yang ingin menggunakan aplikasi bisnis gratis bisa coba wa bisnis. Banyak fitur menarik dan mudah digunakan, aplikasi whatsapp bisnis biasanya digunakan untuk pelaku usaha yang menggunakan media iklan seperti facebook ads, tiktok ads atau google ads. Untuk kamu yang berjualan di market place seperti shopee, tokopedia atau bukalapak, wa bisnis kurang cocok untuk digunakan.

Berikut cara menggunakan whatsapp bisnis dengan baik dan benar !

Pada tampilan awal kamu akan di sajikan beberapa menu di dalam Whatsapp Business sepeti kamera, chat, status, panggilan, pencarian, titik tiga dan icon tambah chat.

Untuk mengatur tampilan toko di dalam Whatsapp Business pergilah ke pengaturan dan masuk ke dalam fitur bisnis.

Baca juga :  Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot Paling Efektif, Dijamin Normal Lagi !

Profil Bisnis dan Katalog

Pada menu ini kamu bisa merubah tampilan nama toko, menambah deksripsi, kategori, alamat, jam kerja, email, situs web dan membuat katalog di whatsapp business.

Cara merubahnya cukup mudah, pilihlah bagian mana yang ingin di rubah lalu klik ikon pencil kecil untuk menyuntingnya. Sedangkan untuk menambah katalog toko, pilihlah bagian katalog nanti didalamnya terdapat “tambah item” di menu katalog kamu bisa menambah gambat, memasukan nama item, memasukan harga, deskripsi, tautan atau kode item.

Fitur Perpesanan Whatsapp Business

Fitur-fitur di dalamnya bisa membantu kamu melayani konsumen di luar jam kerja, membuat salam pembuka, membalas cepat konsumen dan memberikan label untuk mengelola chat.

Pesan di Luar Jam Kerja

Selanjutnya ada pesan di luar jam kerja, fitur ini memungkinkan whatsapp membalas pesan yang masuk di luar jam kerja kantor. Cara mengaktifkan fitur pesan diluar jam kerja:

  1. Centang fitur pesan di luar jam kerja
  2. Menu akan terbuka, sunting pesan di luar jam kerja dan masukan kalimat yang ingin di tambahkan.
  3. Atur jadwal untuk mengirim pesan di luar jam kerja selalu kirim, jadwal khusus, di luar jam kerja.
  4. Setting penerima semua orang agar orang diluar kontak bisa mendapat balasan pesan ini.
  5. Simpan pesan.

Salam Pembuka

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan salam kepada calon konsumen yang melakukan komunikasi ke toko anda. Cara ini cukup efektif untuk memberi tahu konsumen, bahwa toko anda dalam keadaan aktif dan menunggu untuk mendapatkan balasan dari anda.

Cara mengaktifkan Salam Pembuka

  1. Centang salam pembuka.
  2. Sunting salam dan masukan kalimat pembuka sesuai yang kamu inginkan.
  3. Setelah selesai klik oke untuk menyimpan.
  4. Atur penerima ke semua orang.
  5. Simpan perubah.
Baca juga :  Cara Mempercepat Koneksi WiFi Agar Lebih Stabil

Balas Cepat

Fitur ini memungkinkan kamu mengelola teks secara otomatis sesuai dengan balasan dari calon konsumen, fitur ini akan segera mengirimkan chat ketika kata-kata yang di kirim konsumen sesuai dengan kalimat yang telah di simpan sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Balas cepat:

  1. Klik Fitur Balas Cepat.
  2. Klik icon tambah di bagian bawah kanan.
  3. Ada 3 kotak untuk membuat menu balasan kotak 1 masukan pesan yang ingin di tampilkan, kotak 2 masukan kata kunci, Kotak 3 Masukan kata kunci tambahan untuk membantu balas cepat menemukan kata yang lebih sesuai.
  4. Simpan.

Label

Pada menu label pengguna bisa menyortir chat calon konsumen yang sudah membayar atau belum, cara ini sangat efektif untuk membedakan calon konsumen agar segera di follow up lebih jauh lagi.

Untuk menambah seseorang ke dalam daftar label caranya cukup mudah, berikut cara memindahkan kontak ke dalam label whatsapp bisnis:

  1. Buka menu chat dan pilih calon konsumen
  2. Klik tahan di bagian percakapan
  3. Akan muncul menu baru di bagian atas dan pilih label
  4. Labeli chat ke label yang telah di buat sebelumnya
  5. Pilih dan simpan.

Akhir Kata

Nah itu dia cara membuat akun whatsapp bisnis dan cara menggunakannya dengan mudah dan cepat. Cara ini akan sangat efektif di gunakan untuk berjualan di luar market place, biasanya whatsapp bisnis di gunakan bagi pelaku usaha yang memaksimalkan fitur ads.

Mendatangkan leads dari iklan dan mengelolanya menjadi calon pembeli, dengan menggunakan whatsapp bisnis kamu tidak perlu membayar lebih karena ini gratis.

Tinggalkan komentar