Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot Paling Efektif, Dijamin Normal Lagi !

Click to rate this post!
[Total: 3 Average: 5]

Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot – Di era modern ini hampir setiap manusia memiliki handphone yang biasa digunakan. Karena aktivitas yang padat dan kelamaan bermain handphone membuat performa hp tersebut menjadi turun secara drastis. Terkadang hal ini bisa bikin hp cepat panas(overheating) dan lemot, tenang saja karena di sini kita kasih tips dan cara agar hp kamu kembali seperti semula.

hp terbakar - Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot Paling Efektif, Dijamin Normal Lagi !
hp terbakar @TechRax – Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot Paling Efektif

Menggunakan hp secara berlebihan seperi bermain game, nonton video, browsing internet dan mengakses media sosial membutuhkan waktu yang cukup lama. Terkadang kita lupa waktu dan terus menerus menggunakan hp tersebut tanpa henti. Tanpa kita sadari ternyata kualitas dari HP tersebut menurun dan parahnya bisa bikin rusak kalo terus-terusan jorok menggunakannya.

Oleh karena itu jika kalian gak mau hp tidak mudah panas jangan lupa baca cara ini agar bisa menjaganya dengan lebih baik.

Kenapa Ponsel Bisa Panas dan Cara Agar Hp Tidak Mudah Panas

Saat hp anda mulai panas biasanya itu terjadi dimulai dari baterai, panel dan prosesor yang ada di hp tersebut.

Komponen tersebut bisa menghasilkan panas yang sangat luar biasa ketika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu menggunakan charge yang berbeda dari tipenya sangatlah berbahaya misalnya hp kamu menggunakan charge normal dan kamu membeli fast charge untuk mengisi daya.

Sebaiknya jangan lakukan hal itu karena sangat berbahaya dan bisa menyebabkan hpmu cepat rusak karena gak sesuai dengan apa yang seharusnya. Jika kamu masih memaksakan maka hpmu itu akan cepat panas karena di charge dengan fast charging.

Jadi intinya kalo hp anda cepat panas itu semua tergantung dari cara kita menggunakannya. Ketika hp terasa panas sebaiknya hentikan sejenak bermain hpnya agar hp kalian gak cepat rusak.


Cara Mengetahui Dini Asal Panas Agar Performa Tetap Terjaga

Ketika kamu merasakan bagian yang panas misalnya dibelakang berarti baterai dari hp tersebutlah yang menjadi kunci dari permasalahan ini. Jika kalian sudah mengetahui dari dini asal panas yang terjadi jangan di paksakan bermain hpnya jika gak mau hp kalian tiba-tiba meledak.

Hal ini sudah banyak banget terjadi, ketika seseorang memaksakan performa hpnya dengan cara bermain secara berlebihan. Hal ini akan sangat fatal jadi sebaiknya jangan gunakan hp secara berlebihan.

Beberapa cara yang perlu di perhatikan Agar HP tidak cepat panas dan lemot

Sebelum masuk kepembahasan ada baiknya kalian mengetahui beberapa cara yang harus diketahui agar hp kalian tidak cepat panas. Beberapa faktor ini mungkin saja bisa jadi faktor utama kenapa hp kalian itu cepet banget panas.

Karena gak memperhatikan dan keasikan bermain hp hasilnya performa pada hp kalian itu turun dan lama-kelamaan jadi gak layak untuk digunkaan.

Wah jangan sampe nyesel kaya begitu deh karena kalian akan merasa rugi banget kalo hp kalian tiba-tiba panas dan rusak.

Untuk mengantisipasi rusaknya hp yang cepat panas berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan.

Perhatikan waktu penggunaan hp

Jika bermain atau menggunakan hp untuk bekerja sebaiknya perhatikan waktu penggunaannya, karena hp yang terlalu sering digunakan tanpa henti akan turun performanya.

Selain itu akan sangat berbahaya digunakan, ketika hpmu panas dan kamu masih memaksakannya untuk bermain, tanpa kamu sadari hp tersebut bisa meledak sewaktu-waktu.

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersamaan

Ketika aplikasi android berjalan secara bersamaan hal ini bisa menyebabkan panas, oleh karena itu sebaiknya batasi membuka aplikasi jangan terlalu over.

Membuka aplikasi secara bersamaan akan membuat hp anda cepat panas karena memory yang di gunakan saat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan akan meningkat.

Bermain saat di charge

Bermain game, menonton video atau melakuan aktivitas berat lainnya saat sedang di charge sangatlah berbahaya, hal ini bisa bikin hp cepat panas.

bermain hp saat di charge-Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot Paling Efektif, Dijamin Normal Lagi !
bermain hp saat di charge

Karena aktivitas berat berat dipadukan dengan mengisi daya, hal ini bisa sangat berbahaya yang paling fatal bisa bikin hp android kamu rusak lho.

Bermain diatas tatakan yang tidak menyerap panas

Buat kalian yang sering main hp di kasur atau di atas bantal guling sebaiknya kurangi hal tersebut, karena benda-benda itu gak menyerap panas.

Ketika kamu kelelahan bermain hp dan tidak sengaja meletakan hpmu itu di atasnya, beberapa jam kemudian hpmu akan terasa panas.

Karena benda tersebut tidak menyerap panas yang parahnya kamu bisa terkena radiasi dari hp karena ketiduran disampingnya.

Main Game Terlalu Lama

Bermain game adalah salah satu penyebab terbesar handphne kamu jadi cepet panas, bermain game terlalu lama sangat bebahaya untuk hpmu.

bermain game secara berlebihan - Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot Paling Efektif, Dijamin Normal Lagi !
Bermain game secara berlebihan

Bermain game berat seperti cod, pubg meningkatkan kinerja GPU sehingga buat hp kentang bisa bikin cepet panas. idealnya ketika kamu bermain game berat seperti ini jangan terlalu lama, cukup 1-2 jam saja dan jangan lupa istirahatkan hpmu.

Nonton video atau streaming kelamaan

Selain bermain game, nonton video adalah hal yang menjadi kesukaan banyak orang. Terkadang kita bisa lupa waktu karena durasi film yang biasanya ditonton bisa lebih dari 1 bahkan 2 jam.

Nonton video atau streaming kelamaan - Cara Agar HP Tidak Panas dan Lemot Paling Efektif, Dijamin Normal Lagi !
Nonton video di handphone

Ketika kamu terlalu lama nonton film GPU akan terus berjalan dan lama kelamaan akan membuat handphonemu semakin panas.

Faktor lingkungan

Tanpa kamu sadari ternyata faktor lingungkan bisa jadi masalah yang bikin handphone kamu cepat panas atau rusak loh. Hal ini pernah penulis alami sendiri, ketika itu lagi charge hp di dasboard mobil ketika pulang mudik.

Perjalanan yang panjang dan panas tanpa penulis sadari dan pas selesai charge kira-kira sekitar 2-3 jam HP penulis menjadi sangat panas dan layarnya menjadi rusak.

Kualitas baterai yang buruk

Mungkin kamu pernah memiliki handphone dengan kualitas buruk, biasanya ketika hp tersebut sudah memiliki umur yang cukup tua. Kualitas dari komponennya akan semakin menurun terutama dari segi prosesor dan baterainya.

Mengganti baterai ketika kualitasnya sudah menurun adalah perioritas kamu saat service nantinya. Jika tidak diganti biasanya baterai dengan kualitas buruk bisa bikin hp kamu cepat panas.

Cara Mengantisipasi Agar HP Tidak Mudah Panas dan Lemot

1. Gunakan Charge dan Baterai Original

Ketika charge originalmu rusak dan kamu berfikir untuk membeli produk kw dengan harga yang lebih murah gak jelas asal kualitasnya. Hal ini bisa sangat membahayakan hp kamu, menggunakan charge sembarangan bisa jadi faktor hp cepat panas.

Biasakan selalu membeli produk original ketika charge atau bateraimu rusak, dengan membeli produk original bisa membuat hpmu menjadi lebih aman.

Produk original sudah disesuaikan dan di uji coba sebelumnya. Mulai dari aliran daya yang baik hingga komponen-komponen yang baik didalamnya

2. Membersihkan HP dari Debu

Apa mungkin debu bisa membuat performa hp kita turun dan bikin panas? Ya tentu bisa loh, debu yang nempel di hp bisa membuat hp tersebut overheating atau cepat panas. Kenapa hal ini bisa terjadi? Tanpa kamu sadari debu yang masung dari lubang speaker dan lainnya bisa memperlambat proses pendinginan dan menutupi aliran suhu yang keluar dari handphone tersebut.

Karena aliran suhu yang tertutup inilah yang bikin handphone menjadi cepat panas. Pastikan anda selalu apik membersihkan handphone anda dengan menggunakan tisue atau ctton buds.

3. Beri Waktu HP Beristirahat

Saat kita bermain game terlalu lama, nonton Youtube atau berselancar diinternet tanpa henti. Tanpa kamu sadari ternyata hal ini bisa membuat handphone yang kamu miliki cepat panas karena aktivitas berat tersebut.

HP juga perlu istirahat agar performanya tetap terjaga, memakai handphone secara berlebihan bisa merusaknya secara perlahan.

4. Gunakan Aplikasi Pendingin HP

Salah satu cara paling efektif agar hp tidak panas adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin, aplikasi ini bisa angat bermanfaat. Menjaga suhu atau mendinginkan HP dengan cepat.

Selain itu anda bisa memantau suhu hp anda dengan menggunakan aplikasi pendingin suhu terbaik. Salah satunya ada Super Cooler-CPU, Cool Master, EaseUS dan lainnya.

5. Install Aplikasi Penghapus Sampah

Sampah sangat berbahaya untuk hp anda, ketika hp tersebut memiliki sampah yang banyak bisa bikin cepat panas dan lemot. Oleh karena itu menginstal aplikasi pembersih sampah di handphone adalah cara yang tepat.

Efek yang bisa dirasakan dari aplikasi pembersih sampah ini sangat luar biasa, anda bisa memperlancar handphone layaknya seperti baru.

Dengan membersihkan sampah, cache dan cookies di handphone, akan memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar. Sehingga performa pada hp anda bisa tetap terjaga dan anda akan terhindari dari masalah lag pada hp.

6. Simpan HP di tempat yang sejuk jauh dari panas

Ketika meyimpan handphone ada baiknya anda harus lebih memperhatikan hal ini, menyimpan hp ditempat panas akan sangat berbahaya. Sinar matahari akan menimbulkan panas pada hp dan bisa merusak komponen senitive yang ada didalamnya.

Selain bisa merusak komponen, menyimpan handphone ditempat panas bisa membuatnya meledak. Oleh karena itu simpan hp di tempat yang lebih sejuk untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

7. Gunakan aplikasi penghemat baterai

Menggunakan aplikasi penghemat baterai, aplikasi ini ternyata cukup efektif untuk digunakan. Beberapa fitur ditawarkan aplikasi ini untuk mengoptimalkan pemakaian baterai pada handphone anda.

Untuk mendapatkan aplikasi ini anda bisa mendownloadnya di google playstore secara gratis. Aplikasi ini bisa memantau kinerja aplikasi yang sedang berjalan dan anda akan mendapatkan pemberitahuan dari kinerja aplikasi ini.

Selain itu anda juga bisa memantau kinerja dari apps dan hardware diaplikasi penghemat baterai ini. Seperti Cpu, screen, WiFi, Radio dan sensor yang ada di handphone kalian.

8. Jangan sampai terkena Air

Ketika anda mencuci tangan atau membawa handphonemu kekamar mandi, jangan sampai hp tersebut terkena air. Air bisa berpotensi merusak hp, handphone yang terkena air dalam jumlah yang cukup banyak bisa bikin lemot dan cepat panas.

Beda cerita jika handphone anda memiliki fitur anti air, untuk yang hpnya masih biasa tolong perhatikan point ini.

Jika anda suka menggunakan hp di kamar mandi, membawanya saat mengambil wudhu atau bekerja ditempat yang identik dengan air. Sebaiknya beli hp yang ada fitur water resistant, untuk pencegahan dini yang lebih baik.

9. Matikan GPS Jika tidak diperlukan

Ketika anda tidak sedang dalam perjalanan atau tidak sedang mencari alamat, ada baiknya untuk selalu mematikan GPS anda. GPS yang ada didalam handphone anda bisa bikin hp cepat panas ketika dihidupkan secara terus menerus.

Mematikan GPS HP saat tidak diperlukan adalah cara yang tepat, selain bisa bikin hp cepat panas menyalakan GPS pada handphone juga bisa bikin baterai cepat habis.

10. Tutup Aplikasi yang tidak diperlukan

Ketika anda sedang menjalan aplikasi berat jangan lupa untuk menutupnya kembali setelah tidak digunakan. Aplikasi berat bisa membuat kinerja handphone anda terutama CPU meningkat secara drastis dan hal ini bisa bikin handphone menjadi panas dan lemot.

Ketika anda membuka aplikasi berat dan kembali membuka beberapa aplikasi lainnya hal ini juga akan sangat berbahaya untuk hp anda. Tanpa anda sadari penggunaan seperti ini akan bikin hp anda semakin cepat panas.

Beberapa cara di internet mungkin sudah anda baca tapi menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai adalah hal yang wajib anda ketahui agar hp anda tidak mudah panas dan lemot.

11. Atur contrast yang digunakan

Mengatur contrast atau tingkat kecerahan pada ponsel sangatlah penting, ketika anda memiliki contrast yang tinggi maka hp akan cepat panas.

Contrast yang tinggi sangat berbahaya untuk mata anda dan untuk hp anda lho. Penggunan contrast tinggi yang berlibahan bisa berpotensi merusak hp tersebut.

12. Matikan Tethering wifi

Buat anda yang suka berbagi tethering wifi kepada orang-orang terdekat anda, sebaiknya batasi penggunaan seperti ini. Apa lagi anda berbagi koneksi internet gratis sambil bermain game berat, waduh hal ini bisa sangat berbahaya.

Tethering wifi saja bisa bikin hp anda cepat panas apa lagi di tambah sambil bermain game, pokoknya jangan lakukan ini.

Matikan tethering anda jika gak mau hp anda cepat panas, lemot atau rusak. Pemakaian tethering secara berlebihan bisa sangat fatal untuk handphone anda.

13. Pastikan HP anda aman dari Cryptocurrency Mining

Pastikan hp anda sedang tidak Cryptocurrency mining, tanpa anda ketahui pihak ke tiga didunia bisa memproses hp anda untuk melakukan ini.

Menambang coin di dunia digital dengan menggunakan aplikasi didalamnya yang mungkin mereka tanam tanpa anda ketahui.

Pastikan hp anda aman dan cobalah sesekali untuk instal anti Cryptocurrency mining dihp anda.

14. Hapus aplikasi dan game yang memberatkan RAM

Ketika handphone anda terasa lemot dan kinerjanya menjadi lebih lambat mungkin permasalahan ini terjadi di RAM. Ruang memory yang sempit membuat RAM anda menjadi sesak dan kinerjanya menjadi turun.

Cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi dan game yang bisa menyebabkan terjadinya hal ini, aplikasi atau game berat sebaiknya di perioritaskan untuk dihapus.

15. Factory Reset

Ketika anda sudah benar-benar stuck dan handphone anda berada di titik terakhir tiada solusi lagi yang bisa anda dapatkan.

Factory reset bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, dengan membersihkan semuanya hingga nol. Performa yang lebih baik bisa anda dapatkan seperti layaknya handphone baru lagi.

Penutup

Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga tips internet kali ini bia bermanfaat. Sebenarnya semua hp berpotensi bisa cepat panas semua itu tergantung dari cara pemakaian penggunanya.

Semakin jorok anda menggunakan hp tersebut, maka usianya tidak akan lama dan kinerja hp tersebut akan turun secara drastis.

Untuk mendapatkan performa handphone yang lebih baik lagi, mulai dari sekarang perhatikan cara penggunaan dan meyimpan hp tersebut. Pemakaian yang apik insyallah bisa membuat hp tersebut lebih terjaga lebih baik.

Tinggalkan komentar