Apa Itu Cache? Pengertian, Manfaat dan Cara Menghapusnya

Reading Time: 3 minutes

Apa itu cache? setiap aplikasi atau browser pasti memiliki data cache didalamnya, ternyata cache memiliki manfaat yang luar biasa misalnya mempercepat akses membuka aplikasi atau situs web.

Tujuan dari cache ini sangat bermanfaat terutama untuk membuka atau mengakses situs web atau aplikasi yang sebelumnya sudah pernah dijalankan agar ketika di jalankan kembali menjadi lebih ringan dan efesien.

Pada handphone cache sangat bermanfaat terutama untuk memudahkan prosesor menjalankan aplikasi-aplikasi berat untuk dibuka.

Umumnya setiap aplikasi atau situs web pasti memiliki data cache(tembolok), biasanya data ini akan tersimpan sementara di perangkat yang kalian gunakan.

lalu apakah cache perlu dihapus? biar kalian makin paham simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui apa itu cache dan manfaat dari cache.

Pengertian Apa Itu Data Cache Memory?

Apa itu cache? Mungkin banyak dari kalian yang belum tau cache dan manfaatnya, cache merupakan sekumpulan data atau proses yang digunakan oleh browser, aplikasi untuk menyimpan informasi-informasi sementara.

Contohnya kamu ingin membuka website teknodeso di kolom pencarian google chrome, ketika kamu mengunjungi website ini lagi maka data yang sebelumnya kamu masukan akan tersimpan sementara di handphone atau pc.

Ketika data-data tersebut tersimpan didalam cache akses untuk membuka website yang sudah tersimpan akan lebih cepat.

Manfaat Cache Untuk Developer dan User

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, cache bisa membantu user mengakses lebih cepat dan efesien.

Data cache ini akan tersimpan di memori lokal perangkat yang kalian gunakan, oleh karena itu developer akan memberikan cache di aplikasi atau situs yang mereka buat.

Hal ini bertujuan agar setiap user atau penggunanya bisa mengakses lebih cepat aplikasi atau situs yang dibuatnya.

Kalo proses aksesnya jadi lebih cepat, pengguna akan semakin nyaman untuk menggunakan aplikasi atau situs tersebutkan.

Apakah Data Cache Harus Dihapus?

Apakah Data Cache Harus Dihapus?
Walaupun cache ini sangat bermanfaat terutama untuk keefektifan waktu untuk mengakses situs atau aplikasi pada handphone atau pc. Cache juga bisa mengakibatkan handphone berjalan lebih lemot, oleh karena itu jangan lupa untuk menghapus data cache. Agar kalian lebih paham bisa kunjungi artikel Cara agar hp tidak panas dan lemot paling efektif, kalo handphone kalian masih lemot silahkan dibaca.

Handhphone kalian akan terasa lebih lemot karena cache memakan memori internal dan bisa membuat penuh memori yang ada didalam handphone.

Ketika handphone kalian sudah terasa lemot ada baiknya untuk segera membersihkan data cache untuk membuang data yang ga penting.

Kelebihan dan Kekurangan Menghapus Data Cache

Bisa disimpulkan menghapus cache atau tidak menghapusnya memberikan dampak positif dan negatif, itu semua tergantung dari pilihan kalian. Ingin performa akses lebih cepat atau gadget yang lebih stabil digunakan.

Kekurangan yang akan kalian dapatkan ketika menghapus cache, memori penyimpanan internal handphone kalian akan semakin luas dan kinerjanyapun akan semakin cepat dan ringan.

Sedangkan jika kalian tidak menghapus cache, maka kalian akan mendapatkan performa akses aplikasi atau situs yang lebih cepat dan efektif. Jadi gak perlu memulai ulang untuk membuka aplikasi-aplikasi tersebut.

Sebenarnya ini semua tergantung dari handphone yang kalian miliki dan situs atau aplikasi yang sering kalian gunakan. Untuk kalian yang masih punya hp kentang, bisa baca handphone murah terbaik harga 1 jutaan.

Cara Menghapus Cache di Handphone

Punya hp dengan spesifikasi minim dan storage yang kecil harus sangat memperhatikan cache yang tersimpan dan rutin menghapusnya.

Menghapus cache sangat mudah bisa dilakukan secara manual, tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan dan kalian bisa membersihkan cache di hp android atau iPhone.

Langkah-langkah membersihkan data cache yang tersimpan diandroid secara manual:

  1. Buka menu pengaturan dan masuk ke menu aplikasi
  2. Pilih Kelola Aplikasi dan pilihlah aplikasi yang ingin dihapus cachenya.
  3. Pilih clear cache atau bersihkan cache

Setelah kalian menghapus cache, history dan login akan terhapus sehingga aplikasi yang tadinya lemot bisa dibuka lebih cepat. Aplikasi menjadi lemot mungkin saja karena handphone kalian terlalu berat karena memiliki ruang penyimpanan yang sedikit.

Untuk mengatasi hal itu kamu bisa menghapus cache satu-persatu atau meghapus aplikasi yang tidak diperlukan lagi.

Menghapus Cache Dengan Menu Pintasan Hp Xiaomi:

Apa Itu Cache? Pengertian, Manfaat dan Cara Menghapusnya
  1. Kembali ke home atau tampilan utama
  2. Geser ke kiri sampai mentok
  3. Pilih Bersihkan Cache

Setelah itu maka data cache yang tidak penting di handphone kalian akan terhapus semuanya.

Kesimpulan Apa Itu Cache

Data sementara atau cache ini memiliki sisi positif dan negatif, menggunakan cache bisa mempercepat akses membuka situs atau aplikasi pada handphone dan kebanyakan data cache akan memberikan dampak negatif.

Cache sebenarnya bisa sangat bermanfaat dan bisa tidak menguntungkan terutama untuk penyimpanan pada handphone. Handphone akan terasa semakin lemot jika kebanyakan data cache yang tidak penting, oleh karena itu jangan lupa untuk dihapus.

Tinggalkan komentar